Breaking News
VPN Tidak Mau Terhubung

Sentuhan Emoji Pesan di Instagram Kini Membuka Permainan Mini yang Menyenangkan

Ada banyak alasan mengapa VPN Anda tidak dapat terhubung. Untungnya, sebagian besar masalah koneksi VPN dapat diperbaiki dalam hitungan menit, dan solusinya semuanya sederhana!

5 Masalah Koneksi VPN

Ada beberapa penyebab utama masalah koneksi VPN.

1. Aplikasi VPN Usang

Spanduk pesan ExpressVPN App Diperbarui
Perangkat lunak VPN usang dapat menjadi masalah jika Anda pergi cukup lama tanpa memberikan pembaruan yang sangat dibutuhkan.

Pembaruan aplikasi dapat mengganggu, tetapi ini adalah ketidaknyamanan yang diperlukan untuk memastikan bahwa perangkat lunak VPN Anda tidak terlalu tua untuk berfungsi dengan baik.

2. Koneksi Wi-Fi Rusak

Koneksi Wi-Fi yang buruk dapat menyebabkan masalah, termasuk kesulitan menghubungkan ke VPN Anda. Bahkan dengan IP bertopeng dan tunneling, Anda masih memerlukan koneksi internet yang stabil untuk meletakkan fondasi, dan tanpa ini, masalah mulai terjadi.

Jika Anda menggunakan koneksi Ethernet, masalah kabel, port, dan penyedia juga dapat terjadi, yang menyebabkan masalah VPN.

3. Server Kelebihan Beban

ExpressVPN Periksa Daftar Status Server
Beberapa VPN tidak memiliki cukup server terpisah untuk menyediakan setiap pengguna dengan kecepatan koneksi yang solid. Semakin tinggi permintaan, semakin tegang setiap server karena kapasitas bandwidth tercapai.

4. Menggunakan Kill Switch

ExpressVPN mematikan opsi tombol beralih
Tombol pemutus VPN memutuskan koneksi internet Anda segera setelah koneksi VPN gagal. Ini secara otomatis mencegah Anda tanpa sadar menjelajahi web dengan IP Anda yang tidak dilindungi tanpa sepengetahuan Anda.

Namun, tombol pemutus dapat terbukti bermasalah setelah dihidupkan, karena akan mencegah Anda terhubung kembali ke VPN Anda setelah Wi-Fi Anda dimatikan.

5. VPN Anda Diblokir

Pengguna VPN mungkin mengalami pemblokiran situs web saat terhubung ke server VPN. Situs web memantau alamat IP yang terhubung dan menandai yang tampaknya berasal dari server VPN.

Jika situs web tidak menerima lalu lintas dari asal yang berpotensi tidak diketahui, situs web dapat memblokir semua alamat IP dari alamat server VPN yang dikenal.

Cara Memperbaiki Masalah Koneksi VPN Anda

Coba perbaikan berikut untuk membuat masalah koneksi VPN Anda menjadi sesuatu dari masa lalu.

1. Bangun Kembali Koneksi Internet Anda

Terkadang, mematikan dan menghidupkan kembali koneksi Wi-Fi perangkat Anda dapat dengan cepat menyelesaikan masalah koneksi VPN Anda, jadi cobalah ini sebelum beralih penyedia atau lokasi server. Atau, Anda bisa mematikan dan menghidupkan router Anda lagi, meskipun ini akan memakan waktu sedikit lebih lama.

Jika Anda menggunakan sambungan Ethernet, coba lepaskan kabel dari perangkat atau port Ethernet. Atau, sekali lagi, Anda dapat mencoba memulai ulang router Anda.

Anda juga dapat menjalankan tes kecepatan internet saat tidak terhubung ke VPN Anda untuk melihat apakah jaringan Anda yang bermasalah.

2.Perbarui atau Instal Ulang Aplikasi VPN Anda

Perbaikan cepat untuk masalah koneksi VPN Anda mungkin untuk memperbarui, menghapus, atau menginstal ulang aplikasi VPN Anda.

Untuk memeriksa apakah aplikasi VPN Anda memerlukan pembaruan, buka pengaturan VPN dan periksa pembaruan. Atau, pergilah ke toko aplikasi asli Anda dan cari aplikasi VPN.

Jika tidak ada pembaruan yang jatuh tempo, coba hapus dan instal ulang aplikasi VPN Anda.

3. Ganti Server VPN

ExpressVPN Pilih Daftar Lokasi Server VPN Baru
Seperti dibahas di atas, server VPN yang kelebihan beban dapat membuat koneksi tidak mungkin atau memberikan kecepatan yang buruk jika Anda berhasil terhubung. Either way, ini tidak bagus. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk beralih ke server VPN penyedia Anda yang lain.

Jika Anda menggunakan layanan VPN premium, Anda harus memiliki banyak lokasi server untuk dipilih.

Jika Anda menggunakan VPN gratis yang hanya menawarkan satu atau dua lokasi server, Anda mungkin tidak dapat terhubung ke salah satu server yang tersedia dengan sukses, jadi pertimbangkan untuk meningkatkan ke versi premium penyedia atau beralih ke layanan VPN gratis dengan lebih banyak server untuk dipilih.

4. Ganti Protokol VPN

OysterVPN memperlihatkan opsi koneksi protokol VPN
Sebagian besar layanan VPN menawarkan berbagai protokol VPN, seperti OpenVPN, WireGaurd, dan IKEv2. Protokol VPN mengenkripsi lalu lintas internet dan IP Anda tetapi sedikit berbeda dalam proses, kecepatan, dan sebagainya.

Jika Anda mengalami masalah dalam membangun koneksi VPN yang solid, cobalah beralih protokol. Pastikan protokol yang Anda pilih dapat diandalkan, seperti yang disebutkan di atas.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang protokol VPN yang tersedia, lakukan sedikit riset terlebih dahulu untuk memastikannya dapat dipercaya. Penyedia VPN terkemuka tidak akan menawarkan protokol yang tidak bersemangat atau tidak aman, tetapi jika Anda menggunakan VPN gratis atau kurang dikenal, selalu ada kemungkinan koneksi Anda tidak aman.

5. Matikan Kill Switch

OysterVPN Matikan Opsi Tombol Pemutus
Jika Anda tidak keberatan menghabiskan beberapa menit online tanpa koneksi VPN, pertimbangkan untuk mematikan fitur tombol pemutus VPN Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka pengaturan atau preferensi aplikasi VPN Anda.

Atau, pilih protokol VPN yang tidak mendukung tombol pemutus untuk menghilangkan kemungkinan mengaktifkan kembali fitur ini secara tidak sengaja.

6. Ganti Penyedia VPN

Pada poin kedua dari daftar solusi ini, kami dengan ringan menyentuh peralihan server VPN, tetapi server VPN terbatas bukan satu-satunya masalah yang dimainkan di sini. Kecepatan lambat di seluruh papan, masalah koneksi konstan, dan fitur keamanan yang tidak bersemangat semuanya dapat berkontribusi pada VPN yang buruk.

Untuk meminimalkan risiko mengalami masalah koneksi, sebaiknya gunakan penyedia VPN yang mapan dan sangat ditinjau. Layanan VPN terbaik biasanya datang dengan biaya, tetapi jika Anda sangat khawatir tentang privasi online Anda, biaya ini sepadan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Shafanews

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca