Breaking News
DNS terbaik dan tercepat

6 Server DNS Terbaik untuk Meningkatkan Keamanan Online

Mengganti penyedia DNS Anda? Inilah enam penyedia DNS terbaik yang akan melindungi keamanan dan privasi Anda.

Mengganti penyedia DNS Anda dapat secara signifikan meningkatkan pertahanan komputer Anda terhadap ancaman online.

Jika Anda siap untuk beralih penyedia DNS, Anda mungkin bertanya-tanya penyedia DNS mana yang harus Anda pilih. Ada banyak pilihan, tetapi yang mana yang terbaik, fitur apa yang tersedia, dan apakah ada kekurangan?

Apa Itu DNS?

DNS adalah sistem yang mengubah nama domain yang mudah diingat, seperti www.example.com, menjadi alamat IP numerik yang diperlukan untuk mengakses situs tersebut di internet. Tanpa DNS, kita harus mengingat deretan angka yang rumit, yang jauh dari ideal.

Mengapa DNS Penting?

DNS tidak hanya penting untuk kemudahan akses, tetapi juga untuk kecepatan dan keamanan. DNS yang cepat dapat mempercepat waktu muat halaman web, sementara DNS yang aman dapat melindungi Anda dari serangan phishing dan malware.

6 Rekomendasi DNS Server Tercepat dan Stabil

1. Cloudflare DNS

Cloudflare terkenal karena jaringan pengiriman kontennya dan alat mitigasi DDoS. Namun, tahukah Anda bahwa layanan DNS Cloudflare biasanya merupakan yang tercepat—jika tidak selalu—di seluruh dunia?

Cloudflare memiliki keunggulan signifikan dibandingkan banyak penyedia lainnya karena tetap menjadi penyedia DNS tercepat, menurut DNSPerf, situs pelacakan kinerja DNS yang terkenal.

Namun, Cloudflare lebih cepat daripada itu. Mereka tidak mencatat alamat IP yang digunakan untuk mengirimkan permintaan, dan semua meta-data dihapus dalam 24 jam.

Selain itu, ia mendukung DNS melalui HTTPS (DoH) dan DNS melalui TLS (DoT). Kedua protokol ini mencegah penyadapan dan manipulasi data DNS serta tidak memfilter atau memblokir konten (kecuali jika dianggap berbahaya), sehingga Anda dapat menjelajah web dengan tenang.

Di bawah program “1.1.1.1 for Families” Cloudflare menawarkan dua layanan tambahan untuk meningkatkan keamanan dan privasi Anda.

DNS Cloudflare 1.1.1.2 atau 1.0.0.2 dapat digunakan untuk perlindungan tambahan terhadap malware. Sementara itu, 1.1.1.3 atau 1.0.0.3 dapat digunakan untuk melindungi jaringan Anda dari malware dan konten dewasa.

2. Google Public DNS

Situs web utama 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 Keunggulan utama DNS Google adalah kecepatan. Menurut penelitian yang dilakukan Google, salah satu penyebab bottleneck DNS yang paling umum adalah “cache misses”, yang terjadi ketika resolver DNS harus berkomunikasi dengan sejumlah server nama eksternal untuk memuat halaman, yang menyebabkan penundaan dalam navigasi. Mengganti server DNS Anda memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah ini.

Untuk mengatasi masalah ini, Google menawarkan empat fitur kinerja dan keamanan utama:

>Cakupan global

Ada server di dekat Anda di mana pun Anda berada di dunia. Pencegahan serangan Denial-of-Service (DoS): Google menyediakan keamanan DNSSEC sebagai standar.

>Pembagian beban

Penyimpanan bersama meningkatkan tingkat cache hit.

>Spoofing dan Cache Poisoning

DNS Google secara khusus bertujuan untuk melindungi dari serangan DNS cache poisoning. Meskipun Google menawarkan DNSSEC dan DNS-over-HTTPS sebagai standar, pengumpulan data adalah satu kelemahan keamanan utama penggunaan layanan tersebut. Ingatlah,

Google adalah perusahaan periklanan, dan data pengguna adalah aset terbesarnya. Meskipun data DNS yang dikumpulkannya secara teoritis tanpa nama, hal itu mungkin membuat beberapa pengguna yang peduli privasi merasa khawatir.

3. OpenDNS Home

Alamat IP: 208.67.220.220 dan 208.67.222.222 OpenDNS adalah penyedia DNS pihak ketiga populer lainnya yang dimiliki oleh Cisco sejak November 2016.

Ada empat tingkat layanan OpenDNS Family Shield, OpenDNS Home, OpenDNS VIP Home, dan OpenDNS Umbrella Prosumer yang dapat dipilih oleh pengguna.

Dua layanan pertama, OpenDNS Family Shield dan OpenDNS Home, gratis.

Fitur-fiturnya sebagian besar sama; keduanya memiliki perlindungan pencurian identitas bawaan dan kontrol orang tua untuk setiap perangkat di rumah Anda.

Satu-satunya perbedaan signifikan adalah penyaringan yang dapat disesuaikan: Family Shield telah dikonfigurasi sebelumnya untuk router, komputer, perangkat pintar, dan server, sementara paket Home membutuhkan masukan Anda untuk menyesuaikan beberapa dari 50 filter yang berbeda.

Paket VIP Home biaya $19,95 per tahun. Ini memperkenalkan statistik penggunaan internet yang detail untuk 12 bulan sebelumnya (dikategorikan di seluruh delapan jenis ancaman keamanan dan 60 jenis konten web) dan kemampuan untuk membatasi akses internet ke daftar putih domain, sehingga memberikan pengalaman “dikunci” kepada pengguna di jaringan Anda. Perusahaan juga menawarkan paket bisnis. Paket Prosumer terakhir adalah $20/pengguna dan akan melindungi tiga perangkat dengan satu biaya.

Sayangnya, ada kompromi untuk keamanan OpenDNS. Perusahaan menyimpan informasi DNS dan alamat IP Anda dan menempatkan web beacon di halaman yang Anda kunjungi menggunakan server sehingga dapat mempelajari “konten mana yang efektif.”

4. DNSWatch

Dengan alamat IP 84.200.69.80 dan 84.200.70.40, DNSWatch adalah penyedia DNS yang sangat memperhatikan keamanan dan gratis untuk semua pengguna. Empat area utama DNSWatch terdiri dari:

Netralitas DNS: Server tidak menyensor permintaan DNS apa pun. Ini berbeda dari beberapa ISP di seluruh dunia yang secara aktif menyensor apa yang bisa dan tidak bisa Anda akses.

Perlindungan Privasi: Perusahaan tidak mencatat permintaan DNS apa pun. Tidak ada yang direkam dari tindakan Anda. Untuk sekali lagi mengambil perbandingan dengan server DNS ISP tipikal, banyak yang mencatat riwayat Anda, dan beberapa bahkan tidak menganonimkan data yang dikumpulkan.

Data untuk Dijual: Perusahaan tidak memiliki kesepakatan bisnis dengan jaringan iklan atau lembaga lain yang memiliki kepentingan dalam mempelajari kebiasaan online Anda.

Tidak Ada Pencurian DNS ISP: Jika Anda menggunakan server DNS ISP Anda, tidak diragukan lagi Anda akan terkadang menemukan halaman pencarian yang disponsori jika situs yang ingin Anda kunjungi tidak memberikan respons.

Mereka adalah mimpi buruk bagi privasi; apa pun yang Anda masukkan di halaman-halaman tersebut dikumpulkan dan dikonsolidasikan oleh ISP Anda. DNSWatch juga mencakup beberapa opsi keamanan tambahan, seperti DNS-Over-HTTPS, yang membuatnya menjadi salah satu DNS terbaik untuk mereka yang peduli keamanan.

5. Quad9 DNS

Quad9 telah menjadi salah satu penyedia DNS pihak ketiga yang paling populer sejak dirilis pada tahun 2016. Alamat IPnya adalah 9.9.9.9 dan 149.112.112.112. Quad9 berfokus pada privasi dan keamanan, mengumpulkan intelijen ancaman dari jaringan lebih dari dua puluh perusahaan keamanan siber untuk menjaga Anda aman. Selain itu, Quad9 tidak pernah mencatat alamat IP Anda dalam sistemnya, menggunakan enkripsi untuk melindungi permintaan DNS Anda, dan berbasis di Swiss, yang memiliki reputasi yang baik dalam melindungi privasi pribadi.

Quad9 memiliki jaringan global dengan lebih dari 200 lokasi server di lebih dari sembilan puluh negara, berfokus pada “Titik Tukar Internet” dengan tingkat interkoneksi tinggi antara jaringan global, yang menjadikannya salah satu penyedia DNS tercepat.

6. OpenNIC DNS

Alamat IP OpenNIC adalah 206.125.173.29 dan 45.32.230.225. Pusat Informasi Jaringan Tingkat Tinggi, yang dimiliki dan dikendalikan oleh pengguna, menawarkan alternatif terhadap registrasi domain tingkat atas (TLD) konvensional seperti ICANN. Selain itu, OpenNIC menawarkan beberapa server DNS gratis yang paling aman.

Sekali lagi, Anda harus memperhatikan beberapa fitur keamanan pentingnya. Seperti DNSWatch, ia menawarkan netralitas DNS dan mencegah hijacking DNS ISP. Namun, ia juga memiliki beberapa fitur tambahan.

Pertama, OpenNIC memungkinkan Anda untuk memilih jumlah pencatatan data yang dilakukan. Ini memberi Anda kontrol yang lebih ketat yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Kedua, Anda juga dapat memberikan umpan balik tentang bagaimana OpenNIC berfungsi. Ini mungkin lebih menarik.

Anda dapat memberikan pendapat Anda tentang segala hal, mulai dari pemilihan TLD baru hingga perubahan kebijakan seluruh proyek. Pastikan untuk memberi tahu OpenNIC jika ada sesuatu yang tidak Anda sukai terjadi!

Rekomendasi DNS untuk WiFi untuk Kecepatan Internet Anda

1. Level3 DNS

Level3 adalah rekomendasi DNS untuk WiFi untuk game online. Layanan DNS ini dianggap setara dengan Open DNS dan DNS Google, dengan keunggulan utamanya adalah dapat memberikan kecepatan akses yang lebih stabil dan keamanan jaringan.

Ini adalah alamat IP DNS Level3:

Server DNS adalah 209.44.0.3, dan alternatif DNS adalah 8.20.247.20.

2. Norton Connectsafe DNS

DNS Norton Connectsafe adalah salah satu DNS yang paling banyak digunakan untuk wifi karena fungsi utamanya adalah layanan keamanan yang melindungi domain dan perangkat komputer.

Namun demikian, banyak orang menggunakan DNS ini untuk bermain game karena lebih stabil dan tidak lag.

Alamat IP DNS Norton Connectsafe adalah sebagai berikut:

Sumber DNS alternatif: 199.85.126.10

Kesimpulan

Memilih DNS yang tepat sangat penting untuk pengalaman internet yang optimal. Pertimbangkan faktor-faktor seperti kecepatan, keamanan, dan privasi saat memilih DNS untuk WiFi Anda. Dengan DNS yang tepat, Anda dapat menikmati browsing yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Shafanews

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca